OpenERP – Pengenalan Singkat

OpenERP adalah sebuah perangkat lunak manajemen perusahaan berbasis Open Source yang merupakan salah satu dari aplikasi ERP yang praktis dan mudah digunakan, yang dirancang untuk mengatasi kebutuhan perusahaan dan proses, serta membantu meningkatkan kinerja bisnis.

OpenERP yang dulunya bernama Tiny ERP ditulis dengan Bahasa Python oleh sebuah perusahaan yang bernama Tiny SPRL di Belgia. OpenERP menawarkan banyak keunggulan dibanding program aplikasi sejenis diantaranya tiga tingkat arsitektur web, kemudahan penggunaan dan fleksibilitas.

Dengan lebih dari 1000 download per hari, OpenERP adalah sistem ERP yang paling dikagumi dan memiliki perkembangan tercepat di dunia dan merupakan solusi perangkat lunak manajemen gratis open source. Perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di seluruh dunia, kini dianjurkan untuk menggunakan ERP.

Pada bulan Desember 2009, Indonesia secara resmi telah sepakat untuk membangun kerjasama dengan Tiny SPRL Belgia untuk mengembangkan OpenERP versi Indonesia. Kesepakan terjadi di Kantor Tiny SPRL Belgia setelah melakukan serangkaian pengujian sytem selama kurang lebih 2 minggu, mulai dari kemampuan Open ERP secara fungsional maupun secara teknis dan dukungan (support).

OpenERP memiliki sekitar 100 karyawan ditambah dukungan oleh sekitar 900 kontributor dari komunitas. Lebih dari 500 modul tersedia untuk OpenERP yang dikembangkan oleh komunitas dan jaringan mitra tersebar 40 negara.

Saat ini, Open ERP telah tersedia dalam 18 bahasa dan memiliki partner serta kontributor dari seluruh dunia. Lebih dari 800 developer telah berpartisipasi dalam proyek pengembangan sistem Open ERP

OpenERP dikembangkan dengan bahasa pemrograman Python memisahkan komponen server dan klien yang semuanya mengadopsi lisensi bebas GPL. Versi terakhir OpenERP v7 saat ini dirilis pertengahan tahun 2012.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s